Pengenalan Digital Marketing dan Facebook Marketing

Apa itu Digital Marketing?

Digital Marketing atau Pemasaran Digital adalah serangkaian aktivitas untuk mempromosikan suatu produk baik barang maupun jasa menggunakan media digitalberupa alat elektronik yang terhubung dengan internet, dengan tujuan menjangkau konsumen yang relevan dan tepat waktu. Selanjutnya, dengan persebaran jaringan internet yang lebih luas, menjadikan banyak pelaku bisnis yang berinisiatif ingin mendapatkan konsumen tertarget.

Keunggulan Digital Marketing vs Konvensional

  • Strategi pemasaran menggunakan media digital khsusunya online dapat diukur secara tepat bahkan real-time.
  • Dengan menggunakan media digital, Anda dapat mengetahui berapa lama iklan video produk Anda ditonton, berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan, dan tentunya Anda bisa mengevaluasi mana iklan yang baik dan tidak.
  • Abilitas pemasaran digital akan tracking ini tentu sangat membantu para pebisnis dalam menghitung ROI (return of investment) dari budget marketing perusahaan. 
  • Selain faktor kemudahan evaluasi, luas jangkauan geografis juga jadi salah satu keunggulan digital marketing. Dengan memanfaatkan media digital, Anda dapat menyebarkan konten/brand produk Anda ke seluruh dunia hanya dengan beberapa kali klik.

Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing

  1. Website. Website dapatdijadikan sebagai lapak dalam mempromosikan produk secara online. Foto-foto produk dan deskripsi ditampilkan dalam bentuk yang menarik.
  2. Strategi SEO (Search Engine Optimization). Mendatangkan Trafik Dan Meningkatkan Penjualan, Menghemat Waktu, Pengunjung Cenderung Tertarik Mengunjungi Situs Yang Menempati 10 Besar Google, Memiliki Reputasi, Traffic Web Lebih Stabil, Pesaing Lain Juga Menggunakan SEO.
  3. Social Media Marketing. Digital Marketing menggunakan Social media lebih kepada penggunaan fitur-fitur yang ada pada social media misalnya dengan posting timeline dan sebagainya. Banyak social media yang biasanya  digunakan untuk digital marketing diantaranya adalah facebook, instagram, tweeter dan lain sebagainya.
  4. Online Advertising. Online advertising adalah sebuah bentuk pemasaran periklanan yang menggunakan internet untuk menyampaikan pesan pemasaran dan promosi kepada konsumen. Mulai dari banner ads, Search Engine Marketing (SEM), iklan di jejaring sosial, email marketing, sampai ke iklan baris online. Online advertisingmerupakan salah satu cara yang paling cepat berkembang untuk menjangkau audiens atau target Anda.
  5. Email Marketing. Email marketing adalah sebuah tindakan atau aktivitas mengirimkan pesan komersil seperti promo, penawaran produk, diskon, penawaran membership dan lain sebagainya kepada sekelompok orang dengan menggunakan media email. Strategi pemasaran ini cukup efektif karena dengan memberikan email, bisa membuat para subscriber lebih menyadari tentang konten-konten terbaru dan terbaik yang telah dibuat.

Kenapa Menggunakan Facebook?

Facebook adalah jejaring sosial terbesar di dunia, dengan 2,27 miliar pengguna aktif, hampir 1,5 miliar di antaranya aktif setiap hari. Baru-baru ini, Facebook  terlibat dalam skandal demi skandal. Dari Cambridge Analytica, hingga peretasan akun, hingga campur tangan Rusia, dan banyak lagi — apakah Facebook masih layak untuk menginvestasikan waktu dan energi? Atau apakah hari-harinya sudah ditentukan? Jawabannya adalah bahwa meskipun ada skandal, penelitian menunjukkan pengguna Facebook tampaknya tidak mengubah perilaku mereka.

5 Alasan Menggunakan Facebook Sebagai Media Marketing

1. CALON CUSTOMER ADA DI FACEBOOK
Pengguna Facebook seluruh dunia tercatat sebanyak kurang lebih 2,1 milyar akun.   Bayangkan jika pelanggan kita 0,001 persen sajad ari total itu semua, dapat meningkatkan pendapatan Kita. Persoalannya sekarang, bagaimana kita melakukan promosi, seperti kontent marketing yang bisa menarik konsumen untuk membeli, promo yang Kita berikan dan berbagai strategi marketing lainnya.

2. MUDAH DIGUNAKAN
Facebook Ads di desain dengan tampilan user friendly dan siapa saja yang bisa baca akan mudah dalam pemanfaatan fasilitas ini.

3. FACEBOOK ADS ITU MURAH
Selain kemudahan dalam penggunaan Facebook Ads, budgetnya juga tergolong terjangkau. Jika Kita pasang iklan di koran ataupun media online lainnya, Kita akan dikenakan biaya yang gak sedikit. Masalah lainnya adalah targetnya juga sulit diprediksi. Belum lagi jika Kita memasang iklan di media televisi, untuk 30 detiknya saja Kita akan dikenakan jutaan rupiah. Apalagi jika Kita memasang iklan di jam prime time alias jam saat orang banyak menonton tv tersebut. Dengan menggunakan Facebook Ads, Kita bisa beriklan dengan biaya mulai dari 5 (Lime) Ribu Rupiah. Semakin banyak jumlah target yang Kita inginkan, maka sebesar itulah budget yang akan Kita keluarkan.

4. TERTARGET, DAPAT MEMILIH TARGET
Kelebihan terpenting dengan menggunakan Facebook Ads adalah targetnya yang dapat Kita tentukan sendiri. Mau promosi kepengguna berdasarkan usia bisa, berdasarkan daerah juga bisa, berdasarkan jenis kelamin juga bisa, berdasarkan negara juga bisa Kita lakukan. Kita juga dapat tentukan berdasarkan produk yang akan Kita jual. Misalnyamaujual jersey bola, Kita dapat memilih target pengguna yang menyukai olahraga, atau menjual makanan, Kita tinggal pilih saja target orang – orang yang seneng dengan makanan. Dengan target yang jelas dan sesuai produk yang kamu jual, maka tingkat konversil akunnya produk juga akan lebih tinggi.

5. BANYAK PILIHAN YANG BISA KITA GUNAKAN
Facebook Ads tidak hanya menyediakan fasilitas promo produk Kita saja, Kita juga dapat melakukan promosi komunitas, grup atau website Kita dari Facebook Ads. Jika Kita menginginkan orang – orang lebih banyak mampir ke website Kita, atau Kita ingin menaikan personal branding, atau Kita seorang tokoh politik, Facebook Ads layak Kita manfaatkan.

Fitur Pada Facebook Untuk Digital Marketing

  1. Facebook Fan Pages. Fanpage adalah sebuah halaman khusus layaknya blog yang menyediakan informasi yang beragam sesuai dengan keinginan pemiliknya, mulai dari perusahaan, pendidikan, layanan, produk fisik, artis, komunitas dan masih banyak lainnya.
  2. Facebook Groups. Facebook Grup berbeda dengan fanspage atau halaman, tujuan dari Grup di facebook adalah sebagai sebuah wadah komunitas, dimana setiap anggota yang bergabung didalam Grup tersebut memiliki interest atau ketertarikan terhadap topik yang ada di Grup tersebut.
  3. Facebook Marketplace. Facebook Marketplace adalah tempat untuk melakukan kegiatan jual dan beli yang dikhususkan untuk para pengguna Facebook karena marketplace ini berada di dalam platform Facebook.
  4. Facebook Advertising. Facebook Ads adalah fitur yang ditawarkan oleh Facebook untuk mempromosikan atau mengiklankan suatu Fan Page yang sebelumnya sudah dibuat oleh pengguna Facebook dengan jangkauan yang berbeda dan dapat diatur oleh pemasang iklan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar